Puluhan Ribu Pejabat PNS Hilang Jabatan dan Turunnya Penghasilan Tahun 2018

Tahun 2018 merupakan salah satu tahun yang menyedihkan bagi PNS  / ASN  di daerah dikarenakan adanya penghapusan jabatan dan otomatis pengurangan tunjangan penghasilan akan lenyap yang bisa berakibat pada ketidak mampuan bayar pinjaman ke perbankan bila pegawai tersebut telah meminjam uang kepada perbankan maupun koperasi, hal ini bukan isapan jempol belaka karena menurut Permendagri no 12 tahun 2017  tentang pedoman pembentukan dan klasifikasi cabang dinas dan uptd.

Pemerintah Daerah dengan jumlah lebih dari 500-an seluruh Indonesia tentunya sedang dan akan melakukan penghapusan jabatan uptd tersebut sesuai dengan Permendagri yang positif nya tidak akan ada pemberhentian pegawai  tetapi para pegawai yang kantornya dihapus maka akan didistribusikan ke DInas yang ada hal tersebut tentu tidak masalah bagi pegawai yang berstatus pelaksana maupun staff tetapi sangat berpengaruh terhadap pejabat yang kantor satuan kerjanya dihapus secara otomatis akan ditugaskan menjadi staff biasa dengan tunjangan staff pula bukan tunjangan pejabat.

Seperti mimpi buruk setelah gaji tidak naik, perampingan SOTK tahun 2016 akhir dan belum usai bekerja di Dinas hasil penggabungan kemudian penghapusan unit satuan kerja menambah kesedihan yang membahana bagi puluhan ribu pegawai PNS / ASN di daerah, sedangkan kalo di pegawai vertikal (Pusat) remunerasi selalu naik sebuah anomali kesejahteraan walau sesama abdi negara, mungkin garis tangan kah yang menentukan ?

Hal positif yang ada dengan pemberlakukan Permendagri No 12 Tahun 2017 ini  adalah negara bisa menghemat tunjangan jabatan kepada puluhan ribu pejabat yang jabatannya dihilangkan ini merupakan salah satu cara membangun efisiensi birokrasi dan tentunya pengurangan pembayaran negara kepada pemerintah. Hal yang buruknya adalah krisis psikologis para pejabat yang di non job kan berakibat kepada semangat kerja yang rendah dari para pejabat yang di non job kan.

Tahun 2018 ini buka saja akan dihilangkan puluhan ribu jabatan eselonering berakhir tetapi tidak menutup kemungkinan akan adanya penghilangan jabatan lainnya dengan berbagai alasan salah satunya adalah efisiensi anggaran dan peningkatan fungsi pada satuan kerja dinas yang ada dioptimalkan. Perbankan pun perlu memperhatikan lebih seksama dalam pencairan pinjaman bagi para PNS dikhawatirkan akan turunkan penghasilan tahun 2018 semoga tidak .

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply