TKD PNS dan ASN akan menurun saat tahun politik ?

Pada tahun 2018 dan 2019 ditetapkan pemilihan kepada daerah bersama,  baik kabupaten kota dan provinsi juga pemilihan DPR dan Presiden Republik Indonesia. Perlu diperhatikan secara seksama apa dampak pemilu terhadap semua aspek kehidupan berbangsa dan negara salah satunya PNS atau ASN.

Upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan semua warganya perlu diyakini bahwa itu merupakan hal yang sangat serius untuk dilakukan,  salah satunya dengan meningkatkan daya beli masyarakat yang mana didalamnya terdapat unsur pns baik yang bekerja di instansi pusat maupun daerah.

Perlu disikapi dengan jernih beberapa tahun terakhir pns tidak mengalami kenaikan untuk gaji pokok dan tunjangan jabatannya akan akan tetapi remunerasi , uang makan cenderung selalu naik tiap tahun itu berlaku bagi pegawai instansi pusat bagaimana dengan daerah. Berbagai daerah mempunyai berbagai macam nama untuk memberikan tambahan penghasilan bagi pns nya bisa berupa Tunjangan Kinerja Daerah , Tunjangan Kinerja Dinamis atau Tunjangan Penghasilan Pegawai.

Angka TKD tiap daerah berbeda-beda bergantung dengan kebijakan daerah pula, ini yang menyebabkan disparitas penghasilan dan gengsi  daerah. misalnya penghasilan antar tetangga kabupaten kota berbeda berakibat pada daya beli serta gengsi daerah sendiri. Beberapa daerah baik kabupaten kota dan provinsi mulai berlomba menetapkan TKD masing-masing yang bahkan bisa berkali lipat dibanding gaji pokoknya yang mana meningkatnya TKD tidak membuat belanja pegawai meningkat cuma saja perubahan pengalokasiannya. Perbedaan penghasilan antara pegawai instansi pusat dengan daerah disikapi dengan meningkatkan TKD masing-masing daerah dengan tujuan lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. 

Tahun politik 2018 dan 2019 para calon kepala daerah berlomba untuk menarik simpati hati masyarakat salaha satu unsurnya adalah pns yang mempunyai kekuatan cukup nyata dimasyarakat oleh karena itu  tentunya para calon kepala daerah nanti banyak yang menjanjikan TKD PNS dievaluasi untuk ditingkatkan jika tidak ada janji salah satunya janji peningkatan TKD  akan mengalami kerepotan politik dengan para calon yang menjanjikan kenaikan TKD bagi TKD daerah yang masih kecil. Maka bisa dipastikan mulai tahun 2018 kenaikan penghasilan pns di daerah tidak dapat dibendung lagi dan yang paling utama adalah kenaikan TKD tidak menambah beban belanja pegawai cuma pengalokasian yang lebih proporsional.

Penghasilan PNS dan atau ASN dipastikan naik mulai tahun 2018 baik TKD naik, remunerasi naik atau bahkan pelaksanaan penggajian baru  akan dilakukan tahun depan paling telat 2019.  Para politisi tentu akan berpikir lebih keras bagaimana supaya menarik hati para pns dan keluarganya dengan meningkatkan gaji , TKD  dan remunerasinya, sehingga ada pameo didaerah   salah pilih kepala daerah tunjangan tidak naik padahal TKD lebih besar dari gaji pokok PNS itu sendiri.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply